Tugas PBO 3 ( Enkapsulasi )

Nama Kelompok : * Meity Dewinta ( 54410330)

                            * Mutiara Yulianingsih (54410887)

 

ini link blog teman saya : http://just-mutiara.blogspot.com/2012/04/tugas-pbo-3-enkapsulasi.html

Enkapsulasi (komputer)

 

Enkapsulasi , secara umum merupakan sebuah proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Dalam OSI Reference Model, proses enkapsulasi yang terjadi pada lapisan terendah umumnya disebut sebagai “framing”. Beberapa jenis enkapsulasi lainnya antara lain:

> Frame Ethernet yang melakukan enkapsulasi terhadap datagram yang dibentuk oleh Internet Protocol (IP), yang dalam datagram tersebut juga melakukan enkapsulasi terhadap paket data yang dibuat oleh protokol TCP atau UDP. Data yang dienkapsulasi oleh protokol TCP atau UDP tersebut sendiri merupakan data aktual yang ditransmisikan melalui jaringan.

 

> Frame Ethernet yang dienkapsulasi ke dalam bentuk frame Asynchronous Transfer Mode (ATM) agar dapat ditransmisikan melalui backbone ATM.

 

Lapisan data-link dalam OSI Reference Model merupakan lapisan yang bertanggung jawab dalam melakukan enkapsulasi atau framing data sebelum dapat ditransmisikan di atas media jaringan (kabel,radio, atau cahaya). Dalam teknologi jaringan Local Area Network (LAN), hal ini dilakukan oleh Carrier sense multiple access with collision detection (CSMA/CD) untuk jaringan Ethernet; token-passinguntuk jaringan Token Ring, dan lain-lain.

 

Enkapsulasi Java

 

Enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :

 

> Information hiding

Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah ‘public’. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol ‘private’ ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.

 

> Interface to access data

Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.

 

 

*Kesimpulan :

Encapsulation

Enkapsulasi itu sebuah mekanisme untuk menyembunyikan informasi (information hiding mechanism  tujuannya apa ? supaya, ketika ada sesuatu akan merubah informasi yang bersangkutan, sesuatu itu harus melewati jalur yang di tentukan. Sasaran akhirnya tentu saja maintainability  dan extensibility. maintainability  ? karena semuanya terprediksi, segala sesuatu yang akan merubah informasi harus melalui jalur yang telah ditentukan. Dengan mengikuti jalur tersebut maka proses maintain nya lebih mudah. Extensibilitiy ? ketika ada sesuatu yang membuat info tidak bisa di update sesuai dengan prosedur yang ada, maka yang di lakukan adalah meng extend fungsional yang ada. Ini akan mudah ketika segala sesuatunya telah di “bungkus” .. pembungkusan inilah yang dinamakan encapsulation.

Dari sisi implementasi di java, informasi yang akan di update nilainya dalam kasus di atas mengacu pada instance variable/field/class attribute/properties class (sama aja). Dan pembungkusnya dinamakan class. Procedure-procedure untuk mengupdate informasi tersebut tersimpan dalam method.

 ini contoh programnya :

 

public class SuperClaz {

void tampilkan(){

    System.out.println(“Ini adalah SuperClass”);

    }

};

class SubClaz extends SuperClaz{

    void tampilkan(){

        System.out.println(“Ini adalah SubClass”);

    }

    void hallo(){

        System.out.println(“Hallo Boss”);

    }

};

class DemoOverriding{

    public static void main (String[] wee){

        SuperClaz sc = new SuperClaz();

        SubClaz sb = new SubClaz();

        sc.tampilkan();

        sb.tampilkan();

    }

}

class SubClass extends SuperClaz{

    void tampilkan(){

        System.out.println(“Menjalankan metode tampilkan dari SuperClaz”);

        super.tampilkan();

        System.out.println(“Menjalankan metode tampilkan dari SubClaz”);

        System.out.println(“Ini adalah SubClass”);

    }

};

 

ImageImage

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Enkapsulasi_(komputer)

http://bengkeljava.posterous.com/encapsulation-enkapsulasi

http://littlebro-note.blogspot.com/2008/10/java-enkapsulasi.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s