Tugas PBO (inheritance dan polimerfisme pada java)

Inheritance dan Polimorfisme Pada Java

 
Inheritance
Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Dan Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki dan menggambarkan generalisasi sebuah kelas. Inheritance adalah proses pewarisan data dan method dari suatu class kepada class yang lain. Secara default inheritance bersifat menyeluruh sehingga semua data dan method diturunkan kepada class yang baru. Kelas yang mewariskan disebut dengan super class sedangkan class turunan disebut dengan sub class.
 
Keuntungan dari inheritance:
 
• Bersifat reusable. Bayangkan bila anda perlu membuat beberapa class yang mempunyai sifat dasar dan basis class yang sama, dan pada masing masing class tersebut ditambahkan data dan method yang unique. Tanpa inheritance anda harus menyalin semua data dan method dari suatu class. Hal tersebut mungkin masih bisa dilakukan jika basis class anda definisikan sendiri. Namun bagaiman jika anda ingin menggunakan method dari class standard API.
 
• Kemudahan dalam me-manage kelas yang memiliki data dan method yang sama. Jika anda ingin melakukan modifikasi suatu data atau method pada semua sub class anda tidak perlu melakukan perubahan pada masing masing sub class. Modifikasi cukup dilakukan pada super class.
Dalam inheritance dikenal dengan istilah overriding. Overidding adalah kemampuan sub class untuk melakukan modifikasi data dan method dari super class. Sebelum anda melakukan overidding terhadap method atau data dari class induk, anda harus memperhatikan aksesibelitas dari data dan method dari super class.[ overidding hanya bisa dilakukan untuk data dan method yang memiliki modifier default, public dan protected.]
 
contoh programnya :
 
maka Outputnya :
 
 
 
 
Polymorphisme
Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama. Dan Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan objek.
 
 
 contoh program pada polimorfisme :
     
    class yang pertama (hewan)
 
 
buat class yang kedua (kelas turunan dari hewan yaitu kuda)
 
kemudian buat class yang ketiga (kelas turunan dari hewan yaitu kucing)  
 
 
 
 selanjutnya buat class yang ke empat (kelas turunan dari hewan yaitu ayam)
 
 
 
dan ini program untuk mengetes class-class yang telah kita buat :
 
 
 
 maka Output dari program diatas adalah :

 
 
 
 maav apabila ada kesalahan dan ada kesamaan. terimakasih…
 
Sumber :
 
http://nur-arianto.blogspot.com/2009/11/inheritance-pada-java.html



## Nama kelompok :
*Meity Dewinta (54410330)
*Mutiara Yulianingsih (54410887)
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s