Aside
0

ALICE 3D WORLD

 
Tugas Pengantar Teknologi Game (Softskill)
Nama : Meity Dewinta N
Kelas : 3IA14
Npm : 54410330

PENDAHULUAN

Dewasa ini, teknologi komputer sangat berperan penting di kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi yang terus bermunculan memiliki banyak manfaat bagi manusia dalam berbagai bidang yaitu informasi, edukasi, hiburan, dan komunikasi. Dengan semakin berkembangnya zaman, manusia akan membuat suatu teknologi semakin baik dalam bidang pembuatan game tiga dimensi, dan memperkenalkan suatu hal menjadi lebih menarik. Salah satu teknologi yang sedang berkembang dalam bidang pembuatan game tiga dimensi adalah Alice 3D World. Alice 3D World sendiri merupakan sebuah lingkungan pemrograman inovatif 3D yang membuatnya mudah untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan permainan interaktif, atau video untuk berbagi di web.

Salah satu pemanfaatan teknologi game 3D yaitu sebagai sarana entertaiment. Dalam dunia maya, perkembangan game pada saat ini semakin pesat. Untuk itu banyak aplikasi yang tersedia untuk memudahkan pembuatan game salah satunya adalah Alice 3D World. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat membuat objek tiga dimensi dan dijadikan suatu permainan animasi. Dengan menggunakan metode Game 3D enggunakan aplikasi Alice 3D World, pengguna dapat lebih mudah membuat permainan, dan akan mendapatkan banyak keuntungan karena game yang dibuat lebih inovatif.

PENGERTIAN ALICE 3D WORLD

Secara umum, Alice adalah sebuah lingkungan pemrograman inovatif 3D yang membuatnya mudah untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan permainan interaktif, atau video untuk berbagi di web. Alice adalah alat pengajaran bebas tersedia dirancang untuk menjadi paparan pertama siswa untuk pemrograman berorientasi obyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar konsep dasar pemrograman dalam rangka menciptakan film animasi dan video game sederhana. Di Alice, objek 3D (misalnya, manusia, hewan, dan kendaraan) mengisi dunia maya dan mahasiswa membuat program untuk menghidupkan objek.

Alice juga dapat diartikan sebagai pemrograman berbasis objek bahasa pemrograman pendidikan freeware dengan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE). Alice menggunakan drag dan lingkungan penurunan untuk membuat animasi komputer menggunakan model 3D. Perangkat lunak ini dikembangkan pertama di University of Virginia, maka Carnegie Mellon (dari tahun 1997), oleh kelompok penelitian yang dipimpin oleh almarhum Randy Pausch. Alice dikembangkan untuk mengatasi tiga masalah inti dalam program pendidikan:

Kebanyakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk dapat digunakan untuk “kode produksi” dan dengan demikian memperkenalkan kompleksitas tambahan. Alice dirancang semata-mata untuk mengajarkan teori pemrograman tanpa semantik kompleks bahasa produksi seperti C + +. Pengguna dapat menempatkan objek dari galeri Alice ke dalam dunia virtual yang mereka bayangkan, dan kemudian mereka dapat memprogram dengan menyeret dan menjatuhkan ubin yang mewakili struktur logis. Selain itu, pengguna dapat memanipulasi kamera Alice dan pencahayaan untuk membuat perangkat tambahan lebih lanjut. Alice dapat digunakan untuk antarmuka pengguna 3D. Alice siam dengan IDE. Tidak ada sintaks untuk mengingat. Namun, mendukung pemrograman berbasis objek penuh, event driven model pemrograman. Alice dirancang untuk menarik sub-populasi tertentu biasanya tidak terkena pemrograman komputer, seperti mahasiswa perempuan usia sekolah menengah, dengan mendorong mendongeng, tidak seperti kebanyakan bahasa pemrograman lain yang dirancang untuk perhitungan. Alice juga digunakan di banyak perguruan tinggi dan universitas di Pengantar program Programming.

Dalam studi terkontrol di Ithaca College dan Universitas Saint Joseph melihat siswa yang tidak memiliki pengalaman pemrograman sebelumnya mengambil kursus ilmu komputer pertama mereka, nilai rata-rata meningkat dari C ke B, dan retensi meningkat dari 47% menjadi 88%. . Sebuah varian dari Alice 2.0 disebut Mendongeng Alice diciptakan oleh Caitlin Kelleher untuk disertasi PhD-nya Ini mencakup tiga perbedaan utama. Animasi tingkat tinggi yang memungkinkan pengguna untuk program interaksi sosial antara karakter. Sebuah tutorial berbasis cerita yang memperkenalkan pengguna untuk pemrograman melalui pembangunan sebuah cerita. Sebuah galeri karakter 3D dan pemandangan dengan animasi yang dirancang untuk memicu ide cerita.

KONSEP ALICE 3D WORLD

Alice bukan sebuah bahasa OOP, Alice “berbasis object”, bukan “berorientasi” object. Alice adalah lingkungan pemrograman visual untuk mendefinisikan objek dan mengelola interaksi antar objek menghasilkan program animasi. Alice tidak digunakan untuk belajar OOP yang sesungguhnya/mendalam, tetapi memberikan sense tentang objek dan interaksi antar objek.

Cara instalasi Alice 3D World

1. Kunjungin situs resmi dari Alice 3D World, yaitu http://www.alice.org

2. tertulis dibagian bawah halaman utama alice, untuk mendownload software di ‘alice software’.

 

3. kemudian pilih operating system apa yang anda gunakan untuk komputer anda

 

4. Download dalam bentuk .rar kemudian extract file. Kemudian cari file alice.exe kemudian run.

Memprogram dengan Alice Setting the Stage/ Menciptakan “dunia”, Menggambar scenery/pemandangan. Kemudian memilih warna konstum. Meletakkan pemain, pemandangan, dan objek lain pada posisi yang tepat. Menyiapkan kamera untuk berputar, dll. Lalu Write the program to animate the word. Mode Lingkungan Alice Scene edit mode 1. The menus 2. The button bar 3. The object tree 4. The world’s details section 5. The gallery 6. The world that is to be populated and animated 7. The camera controls 8. The object manipulator buttons Program edit mode Gallery & World Gallery mengandung berbagai class (blueprint dari objek) Secara default, pertama kali “dunia” yang dibuat memiliki:

• Camera

• Light

• Ground

Objek pada ruang 3D • Object viewpoint: • Posisi objek pada ruang 3D Orientasi objek relatif terhadap sistem koordinat 3D Setiap objek memiliki satu titik pusat (centre point) dan 3 sumbu/axes (xyz ~ RGB) Objek dapat di-move (center point berpindah) atau di-putar pada sumbu (center point tidak berpindah). Right hand rule. Objek, Komponen Objek.

Object terdiri atas beberapa komponen yang dapat dilepaskan. Objek dan komponen dapat dipindahkan dan diputar. Objek dan komponen dilingkupi oleh bounding box.

Setting stage (1) Manipulasi/Setting Objek: Add, Rename, Delete. Mengubah property Mengatur posisi Mengubah “gambar” pada dunia: Mengubah posisi dan orientasi kamera Mengubah sudut lensa Mengubah posisi dan orientasi objek pada “dunia”.

Setting stage (2) Setiap objek pada Alice memiliki: property, method, dan function Method: primitive method, custom method, new method Alice membedakan method dan function: Method: instruksi terhadap objek untuk melakukan aksi Function: konsultasi, mengembalikan nilai, status .

CONTOH KASUS

Dalam pembuatan Alice 3D world langkah pertama adalah dengan mengklik aplikasi Alice yang sudah diinstal. Memuat World Mulai dengan menggunakan 3D world yang sudah tersedia. Klik menu File pada menu bar, pilih Open World.

 

Opening BunnyWorld BunnyWorld merupakan salah satu contoh World yang tersedia di 3D Alice. Caranya, setelah klik Open World, pilih folder Worlds, lalu pilih Bunny.

 
 

Gunakan mouse untuk memindahkan kelinci. Letakkan di bagian tengah.

 

Alice Commands

 

 Mouse dapat digunakan untuk penempatan objek secara acak. Jika ingin penempatan secara seksama, maka dapat menggunakan Command Box pada Alice. Misalnya: bunny.move(forward, 1)

Setelah mengetikkan perintah pada Command Box, tekan Enter pada keyboard atau gunakan mouse untuk klik tombol Go.

Arah Gerakan

 

Objek pada Alice dapat bergerak ke arah forward (depan), back (belakang), left (kiri), right (kanan), up (atas), dan down (bawah). Ke 6 arah tersebut ditujukan kepada gerakan benda. Jika benda di gerakkan ke kanan, maka benda akan bergerak ke arah kanan benda tersebut, bukan arah kanan pengguna.

Menambahkan Objek

Sekarang kita coba tambahkan objek pada world.Pada Alice control panel, klik tombol Add Object:Maka akan muncul kotak dialog yang berisi banyak objek yang dapat ditambahkan pada world tersebut. Misalnya objek yang kita tambahkan adalah helikopter.

Menambahkan Helikopter

 

Setelah muncul kotak dialog berisi objek, maka akan muncul banyak folder yang berisi objek-objek. Klik pada Vehicles 2 kali.

Double klik pada Helicopter.mdl

 

Posisi Helikopter
Gunakan mouse dan Command Box untuk memindahkan helikopter dan kelinci. Menekan tombol shift dapat membiarkan pengguna untuk memindahkan objek ke atas dan ke bawah menggunakan mouse.

 

Demikian dijelaskan bagaimana cara pembuatan objek dari Alice 3D World. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat membuat berbagai macam animasi berbentuk kartun ataupun permainan sekreatif mungkin.

PENUTUP

Kesimpulan

Jadi secara umum Alice bukan sebuah bahasa OOP,Alice “berbasis object”, bukan “berorientasi” object,Alice adalah lingkungan pemrograman visual untuk mendefinisikan objek dan mengelola interaksi antar objek menghasilkan program animasi,Alice tidak digunakan untuk belajar OOP yang sesungguhnya/mendalam, tetapi memberikan sense tentang objek dan interaksi antar objek.

Saran

Pembuatan buku tentang Alice 3D World Sebagai Media pembuatan game. Disadari masih memerlukan beberapa pengembangan dalam pembuatan buku ini. Untuk itu diperlukan pengembangan, dengan membuat permainan yang lebih beragam dengan animasi yang lebih nyata. Selain itu buku ini diharapkan dapat berkembang kedalam aspek yang lebih baik.

REFERENSI
http://www.alice.org
http://www.wikihow.com/Download-Alice-3D-for-the-PC
http://happynerds.net/view/windows
https://www.cs.duke.edu/courses/spring01/cps004/projects/alice/tutorial/
https://www.cs.duke.edu/csed/alice/dukeFemmes/snowmanWorldHand.pdf
Barbara Ericson ericson@cc.gatech.edu Georgia Institute of Technology Oct 2005
http://mail.informatika.org/~saiful/if2032/Slides/W1/IF2032_m1_PengantarAlice.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s