e-commerce dan pengalaman menggunakan e-commerce

pengertian e-commerce

Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada penggunaan media internet belaka.

Pengalaman E-commerce

(Pengalaman Orang Lain)

Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya sebagai pembeli dalam e-commerce. Saya pernah membeli beberapa barang pada toko online yang berada di salah satu jejaring sosial dan salah satu toko online yang cukup terkenal. Saya akui dengan membeli barang lewat internet seperti yang telah saya lakukan itu cukup menghemat waktu dan biaya karena saya belum tentu bisa mendapatkan barang yang saya inginkan jika dicari pada salah satu toko bahkan salah satu mal terbesar. Selain itu, jika barang yang saya inginkan berada di luar kota bahkan di luar negeri saya tinggal memesan dan mereka akan mengirimkan tepat waktu ke tempat tinggal saya. Saran saya, sebelum membeli kita harus bisa memilah-milah mana toko yang dapat dipercaya, karena banyak juga kasus yang tertipu dalam perdagangan lewat internet (e-commerce).

Definisi PayPal

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu

 

Paypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksi (Saat ini pengguna Paypal di Indonesia baru dapat menggunakan Paypal untuk pembayaran dan mengirim dana saja belum dapat untuk menerima dana)

Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan 16 mata uang, pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan dananya dari kartu kredit dalam hitungan US dollar karena rupiah belum ada di Paypal

Ebay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia, cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.
 
Kenapa Paypal : Kencederungan orang luar negri adalah sedikit ber-mobilitas, artinya mereka jarang yang suka keluar rumah atau antri ke bank. Mereka cenderung milih bertransakasi dengan internet dan bisa di lakukan di rumah saja. 

 

Dalam hal keamanan, paypal memberikan kebijakan tertulis. Kebijakan tersebut menyatakan jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di sampaikan penjual, pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari setelah transaksi. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya. Sebaliknya, Paypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain yang tidak benar dari pembeli. Jadi, staff paypal akan menjadi pihak ketiga jika ada sengketa. Dan paypal akan bersikap tegas dan bijaksana atas sengketa yang terjadi.  Kebijakan yang diberikan paypal tersebut merupakan bentuk kepedulian paypal terhadap transaksi yang anda lakukan.

 

Keuntungan paypal : Perusahaan yang terpercaya. PayPal.com merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh Ebay.com ( salah satu web lelang terbesar di internet ). Hampir 90% pembayaran online di Ebay.com dilakukan menggunakan PayPal.com, selain itu pengguna PayPal lebih merasa nyaman dalam bertransaksi, karena sebagai pembeli, nomor kartu kredit anda tidak akan diketahui oleh penjual. Walaupun saat ini Indonesia masih belum bisa withdraw uang dari PayPal

 

Cara nya : Seperti layaknya transfer antar bank, Paypal juga sama persis cuman dalam proses ini di lakukan dengan email. Pernah ada cerita orang menggunakan “account Dollar” dari Hongkong nerima transferan uang dari Australia, USA, dan Canada, baru di kirim ke account BCA Bank Indonesia. Proses ini hanya butuh 2 hari saja. Untuk sekali proses transaksi, di-kenakan Biaya 10% buat biaya adminsitrasi. Kerena perbedaan mata uang dan kurs Dollar, 10% menurutku masih oke kok..artinya keuntungan di pihak penerima uang juga masih lumayan. Simpel bukan..? Naaah sekrang untuk indonesia sudah bisa terima uangnya langsung.
 
Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain,  Kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya.

 

Paypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain tergantung situasi dan pembuktian. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayarannya, setiap pembelian menggunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account Paypal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang.
 
Dari sini bisa diambil kesimpulan menggunakan Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan dapat melakukan komplain jika terjadi sesuatu.

Persyaratan umum
Pemegang account Paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih dan mempunyai :

1. Alamat email = Sebagai username account Paypal anda nantinya

2. Kartu kredit = Pengguna Paypal Indonesia saat ini baru dapat menggunakan kartu kredit untuk mengisi dana account Paypalnya pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu yang diterima

3. Kartu debit (Indonesia belum bisa)
4. Rekening bank (Indonesia belum bisa)Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya sebagai pembeli dalam e-commerce. Saya pernah membeli beberapa barang pada toko online yang berada di salah satu jejaring sosial dan salah satu toko online yang cukup terkenal. Saya akui dengan membeli barang lewat internet seperti yang telah saya lakukan itu cukup menghemat waktu dan biaya karena saya belum tentu bisa mendapatkan barang yang saya inginkan jika dicari pada salah satu toko bahkan salah satu mal terbesar. Selain itu, jika barang yang saya inginkan berada di luar kota bahkan di luar negeri saya tinggal memesan dan mereka akan mengirimkan tepat waktu ke tempat tinggal saya. Saran saya, sebelum membeli kita harus bisa memilah-milah mana toko yang dapat dipercaya, karena banyak juga kasus yang tertipu dalam perdagangan lewat internet (e-commerce).

 

sumber : http://wa-wanted.blogspot.com/2012/05/paypal.html#more

               http://javidahana.wordpress.com/2011/04/06/pengalaman-e-commerce/

               http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html

              http://www.google.co.id/imgres?um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=np&biw=1280&bih=665&tbm=isch&tbnid=gBQgvxEMmNEodM:&imgrefurl=http://wa-wanted.blogspot.com/2012_05_01_archive.html&docid=zTF6bNmcDvVhNM&imgurl=http://blog.ub.ac.id/liapermatasari/files/2011/03/googles-E-commerce-Site.jpg&w=313&h=302&ei=Om_pT4XHI4fWrQeEysj8DQ&zoom=1&iact=hc&vpx=393&vpy=331&dur=1515&hovh=221&hovw=229&tx=117&ty=239&sig=108754584811257248729&page=1&tbnh=145&tbnw=164&start=0&ndsp=18&ved=1t:429,r:13,s:0,i:108

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s